Mengendus Jejak Awal Permainan DominoQQ

Permainan dominoqq – Pada zaman Dinasti Yuan (1271–1368) seorang penulis sejarah Zhou Mi (1232–1298), menuliskan pupai (plak atau ubin perjudian), serta dadu sebagai barang yang dijual oleh penjaja selama pemerintahan Kaisar Xiaozong dari Song (memerintah 1162–1189).

Andrew Lo menegaskan bahwa Zhou Mi berarti domino ketika mengacu pada pupai, karena penulis Ming Lu Rong (1436–1494) secara eksplisit mendefinisikan pupai sebagai domino (berkaitan dengan kisah seorang pelamar yang memenangkan tangan seorang gadis dengan menarik empat pupai pemenang dari satu set).

Manual paling awal yang diketahui tentang domino adalah (Manual Periode Xuanhe) yang ditulis oleh Qu You (1341–1437), tetapi beberapa cendekiawan Tiongkok percaya bahwa manual ini adalah manual palsu dari waktu yang lebih dahulu.

Dalam Encyclopedia of a Myriad of Treasures, Zhang Pu (1602-1641) menggambarkan permainan kartu domino sebagai pupai, meskipun karakter untuk pu telah berubah, namun mempertahankan pengucapan yang sama.

Permainan domino tradisional Cina antara lain Tien Gow, Pai Gow, Che Deng, dan lain-lain. Set domino Cina 32 keping, dibuat untuk mewakili setiap kemungkinan wajah dari dua dadu yang dilempar dan dengan demikian tidak memiliki wajah kosong, berbeda dari set domino 28 keping yang ditemukan di Barat selama pertengahan abad ke-18.

Domino Cina dengan wajah kosong dikenal selama abad ke-17.

Banyak set domino yang berbeda telah digunakan selama berabad-abad di berbagai belahan dunia untuk memainkan berbagai permainan dominoqq.

Setiap domino awalnya mewakili salah satu dari 21 hasil lemparan dua dadu bersisi enam. Setengah dari setiap domino diatur dengan pips dari satu dadu dan setengah lainnya berisi pips dari dadu kedua.

Set Cina juga memperkenalkan duplikat beberapa lemparan dan membagi ubin menjadi dua setelan: militer dan sipil. Domino Cina juga lebih panjang dari yang dimainkan di Eropa.

Menemukan DominoQQ Dalam Sejarah Dunia

Awal abad ke-18 permainan domino muncul pertama kali di Italia, setelah itu dengan cepat menyebar ke Austria, Jerman selatan dan Prancis.

Dari Prancis, permainan ini diperkenalkan ke Inggris pada akhir 1700-an, konon yang membawa permainan ini ke Inggris adalah tawanan Prancis.

Sejarah tersebut tercatat dalam literatur Amerika pada tahun 1860-an dan varian segera bermunculan. Pada tahun 1889, diketahui bahwa permainan tersebut telah menyebar ke seluruh dunia, “tetapi tidak ada tempat yang lebih populer daripada di kafe-kafe di Prancis dan Belgia.

Sejak awal, permainan domino di Eropa berbeda dari permainan Cina. Perangkat domino Eropa tidak mengandung keduanya.

Perbedaan setelan militer-sipil dari domino Cina atau duplikat yang menyertainya.

Selain itu, menurut Dummett, dalam permainan Cina hanya identitas ubin yang penting, tidak ada konsep pencocokan.

Set dasar 28 ubin unik berisi tujuh potongan tambahan, enam di antaranya mewakili nilai yang dihasilkan dari melempar satu dadu dengan setengah ubin lainnya dibiarkan kosong, dan domino ketujuh mewakili kombinasi kosong-kosong (0-0).

Selanjutnya set 45-piece (ganda delapan) muncul di Austria dan, belakangan ini, set 55-piece (ganda sembilan) dan 91-piece (ganda dua belas) telah diproduksi.

Aturan permainan paling awal di Eropa menggambarkan permainan blok sederhana untuk dua atau empat pemain. Aturan Prancis kemudian menambahkan varian Domino la Pêche (“Memancing Domino”), permainan imbang awal serta permainan tiga tangan dengan kolam.

Permainan penilaian pertama yang dicatat adalah Fives, All Fives atau Cribbage Dominoes yang muncul pada tahun 1863 dan meminjam fitur penilaian untuk kombinasi serta papan cribbage dari permainan kartu Cribbage.

Pada tahun 1864, The American Hoyle menjelaskan tiga varian baru: Muggins, hanya Fives dengan tambahan fitur Cribbage lain, ‘aturan muggins’; Bergen dan Rounce; bersama Block Game dan Draw Game.

Semua masih dimainkan hari ini bersama permainan yang bermunculan dalam 60 tahun terakhir seperti Five Up, Mexican Train dan Chicken Foot, dua yang terakhir memanfaatkan set domino yang lebih besar yang tersedia.